Laman

Sabtu, 09 Februari 2013

Gua Hawu


Keberadaan Gua Vertikal tepat berada di samping timur Tebing Hawu ini memang belum terekspos. Terlebih areanya yang sulit dijangkau dan tidak banyak orang yang tahu, lubang masuk guanya pun hanya berdiameter sekitar 3 meter.

Namun, seperti yang termuat di gambar, keindahan gua ini tidak boleh kita napikan meski dalamnya hanya sekitar 50 meter. Itu pun, tidak menutup kemungkinan kedalamannya masih bisa ditelusuri lagi, menurut Rio sebagai ketua tim, pasalnya, penelusuran tim terhenti karena di titik 50 meter lubang gua sudah tertutup tanah akibat urugan penambangan batu kapur di atasnya.

Meski kedalamannya hanya 50 meter, kami berlima butuh waktu 4 jam untuk menyelesaikan penelusuran gua ini. tekstur guanya yang berbuku-buku dan suhu udaranya yang lembabcukup menguras konsentrasi kami sebagai penelusur, sehingga mesti berjibaku untuk mengatasi hambatan yang ada.

Seperti kita tahu semua, kawasan Karst adalah tanki alam. Kawasan ini menampung air hujan. Juga biasanya di kawasan Karst akan terdapat sungai bawah tanah. Namun secara empirik dugaan adanya sungai bawah tanah belum bisa dibuktikan. Sebab itu tadi, penelusuran kami terhenti karena lubang gua tertutup tanah. (YZ)



----------
Sumber: http://pedulikarstcitatah.blogspot.com/2012/06/caving-brad.html
Lihat foto di bawah ini:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar