Senin, 01 April 2013

Info Jalan-jalan ke Gunung Pabeasan




Menjernihkan Nama
Penduduk lokal (Padalarang), wa bil khusus penduduk kampung Cidadap, Pamucatan, Lempegan menamai gunung ini Pabeasan. Penamaan Pabeasan ini konon katanya masih satu alur dengan cerita penamaan Gua Pawon, dan Gunung Hawu. Lain penduduk lain penamaan, para pemanjat menamai gunung ini dengan nama Tebing 125, sedangkan tentara yang kerap berlatih di gunung ini menamai gunung ini  Gunung Singgalang.
Gunung Pabeasan berada di wilayah kampung Pamucatan, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Ada pula versi yang agak nyeleneh (versi keliru), versi ini menyatakan bahwasannya gunung Pabeasan terletak di wilayah kecamatan Cipatat, tak heran kemudian gunung ini oleh sebagian besar orang dinamai Citatah. Karena Citatah sendiri adalah nama salah satu desa di Kecamatan Cipatat. Versi keliru tentang penamaan gunung Pabeasan ini kemudian dikukuhkan oleh peta yang dilansir oleh google map.
Terlepas dari kekeliruan penamaan, yang tentu saja tidak bisa dibiarkan dan mesti diluruskan. Tentu saja gunung ini begitu menarik, oleh karenanya layak dikunjungi. Orang-orang Skygers mengklaim panjat tebing modern lahir di sini, 40 tahun sudah mereka berkiprah sebagai organisasi yang menekuni panjat tebing, oleh karenanya klaimnya layak kita perhitungkan. Sebagai basis dan asal muasal para pemanjat mengembangkan pola panjat tebing modern, di tempat ini, Tebing 125, terdapat berbagai macam jalur panjat tebing, dari mulai jalur panjat tebing berspesifikasi mudah hingga berspesifikasi sulit. Tercatat ada 75 jalur panjat tebing di sini
Pada perkembangannya, gunung ini tidak hanya jadi ‘milik’ para pemanjat dan pengusaha tambang. Masyarakat sekitar (pribumi), kerap menjadikan gunung Pabeasan sebagai objek wisata. Sebut saja hari minggu sebagai hari libur nasional kerap dijadikan hari bersantai di gunung ini, piknik dan kemah kini sudah menjadi hal biasa bagi penduduk lokal. Ditambah kini ada fasilitas baleriung di kaki gunung Pabeasan. Menjadi semakin nyamanlah tempat ini sebagai ruang publik, tempat di mana penat dapat diusir dan segar kemudian didapat.
Gunung Pabeasan dilihat dari kampung Pamucatan. Dok. FP2KC


sumber:http://blogoga.blogspot.com/2013/03/info-jalan-jalan-ke-gunung-pabeasan.html#more

Tidak ada komentar:

Posting Komentar